MERASAKAN SAKIT

Selama beberapa bulan mendarat di negeri tulip ini, saya dan keluarga terutama di musim dingin ini digempur oleh sakit penyakit yang cukup mengganggu. Sebenarnya penyakit standard sih, kayak flu, tenggorokan, batuk. Namun karena datangnya silih berganti antara saya, suami dan anak, serta frekuensinya yang sering, hal itu menjadi suatu hal yang sangat menyusahkan. Repot dan menghambat kegiatan.

Penyebabnya: tentu saja angin, cuaca yang berubah-ubah dan kurangnya daya tahan tubuh.

Mencegahnya:Ternyata orang Belanda atau yang sudah lama tinggal di Belanda atau mungkin negara dingin yang lain, mereka sudah mulai mengkonsumsi dan mempersiapkan badannya dengan rupa-rupa supplement dan selalu mengatur pola makan dan istirahat yang baik, sehingga waktu musim dingin tiba, daya tahan tubuh mereka sangat kuat.

Vitamin, suplemen khusus musim dingin dan pancaroba, susu, banyak buah dan sayur.

Kami sebagai pendatang awam, tentunya di Tahun berikutnya harus banyak belajar. Tidak seperti sekarang, makan vitamin kalau perlu, jarang minum susu, buah dan sayur untuk hiasan atau selingan.

Penyembuhannya: yang pasti dokter di belanda sangat pelit dengan antibiotik, paling2 di kasih paracetamol (panadol ada juga loh di sini…hehehe), obat batuk, banyak minum hangat atau makan sup, istirahat dan tetap mengkonsumsi suplemen.

Ada untungnya kalau kita orang asia, kita punya warisan budaya penyembuhan tambahan kayaknya herbal dan minyak2 berkasiat. Contoh herbal yang diberikan oleh oleh dr.Erna (kenalan kami) adalah memakan echinacea, gotukola, garlic lalu kami juga konsumsi madu. Lalu ditambahkan dengan perawatan-perawatan seperti membalurkan minyak-minyak badan (balsem, minyak angin atau minyak tawon), bawang, kemulan, pijat sampai kerok (hehehe…padahal waktu di indonesia jarang banget kerokan….)

Untungnya di Belanda, mulai banyak juga produk-produk herbal yang dibuat dan diimport (dari Indonesia untungnya juga ada wedang jahe, minyak angin cap lang, minyak tawon…tapi harganya jangan tanya…..)

Tapi ada satu pengalaman yang cukup tidak enak, di sini itu susah banget keringetan. Padahal sebagian dari kita tau, kalau lagi demam, kerokan, lumurin banyak minyak angin, minum/makanan anget, pake baju tutup2 lalu tidur kemulan, ditanggung minimal 30 menit kedepan badan kita bersimbah keringat dan panas badang/deman jadi turun…. Tapi jangan harap hal itu terjadi dengan mudah di musim dingin ini, susah banget….udah 2 jam usaha, sekali berhasil, sekali tidak….musti usaha keras….hehehe

Begitulah sekilas merasakan sakit di negerinya kelompen ini….

Doakan kami cepat sembuh ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s