BANYAK JENIS

Salah satu pengalaman tinggal di Belanda ini adalah ditemukannya macam-macam barang, yang dulu di Indonesia sebenarnya ada juga, tetapi tidak merasa butuh untuk membelinya.

Salah satu diantaranya adalah lotion. Semua ada lotion atau pelembabnya; body lotion, hand and nail cream, pelembab muka. Varian jenisnya dibedakan juga untuk pria, wanita dan anak. Seperti yang saya bilang diindonesia barang-barang ini tentunya tidak asing. Tetapi saya selalu merasa bahwa produsen kosmetik hanya memperbanyak jualannya dengan membuatnya kelihatan berbeda tetapi sebenarnya sama saja. Sebagai contoh: emangnya ngak bisa body lotion dipakai juga untuk tangan dan kuku. Lalu kalau kulit berminyak untuk apa lagi pake pelembab (sebenarnya itu dulu yang dianjurkan dokter kulit aku juga).

Tetapi setelah tinggal di negara 4 musim seperti ini, baru terasa manfaatnya dan bedanya. Karena ternyata hand cream jauh lebih moisture dari pada body cream, hal itu penting karena waktu musim dingin tinggal tangan dan muka tentunya yang jarang tertutup. Saya pernah merasakan waktu tangan dihajar dingin, kulit tangan mulai mengeras dan pecah dengan sendirinya. Saat itulah baru terasa gunanya handcream.

Begitu juga dengan guna lotion bagi orang kulit berminyak. Ketika dilanda suhu dibawah 20-an, otomatis minyak yang dihasilkan muka tidak mampu menjaga kulit. Akhirnya dipakai juga produk yang dulu saya pakai di jakarta (tetapi waktu di jakarta aku jadi jerawatan dikit, di sini ngak….)

Pelajarannya sih, memang kadang kala kita harus selektif memilih produk sesuai kegunaannya. Kalau kita lihat, sering kali produsen luar negeri menciptakan produknya berdasarkan riset di negaranya, yang seringkali tidak cocok dengan tempat kita tinggal.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s